Cara Unlock Blackberry

Posted: Juli 19, 2010 in Blackberry
Tag:, , , , , , ,

Blackberry merupakan handheld yang pemasarannya tidak seperti smartphone yang lain, dimana para distributor mendapatkan barang (legal) dari provider yang bekerjasama dengan RIM dan telah mempunyai hak untuk memasarkan handheld tersebut.

Kelebihan handheld yang dikeluarkan dari provider tentunya faktor rasa aman terhadap PIN dari handheld yang kata orang “lancar jaya” alias tidak akan terkena suspend. Kekurangan yang dirasakan oleh pengguna terutama kendala lock terhadap handheld yang harus menggunakan kartu yang dikeluarkan oleh provider yang bersangkutan. Disamping ketidak luwesan kartu yang digunakan, sudah tentu Anda harus menguras saldo rekening cukup dalam. Tetapi menurut saya sepadan dengan kenyamanan yang Anda dapatkan saat menggunakan layanan. Kalau kata orang Jawa : Ono Rego Ono Rupo (Baca : Ada Harga Ada Barang).

Mengesampingkan faktor keamanan PIN dan Imei yang merupakan kesatuan dalam handheld Blackberry, dengan permintaan pasar yang cukup antusias di negara Indonesia Raya ini memancing munculnya handheld Blackberry yang dijual dengan harga cukup miring. Hehehe….asal yang jual ga ‘miring’ juga rasanya cukup wajar-wajar saja dengan kepintaran dan kepiawaian anak bangsa dalam ‘meng-akali’ tekhnologi yang belakangan terlihat mulai di-monopoli oleh perusahaan raksasa yang tentunya tidak berada di Indonesia.

Handheld dengan harga yang jauh lebih murah dari handheld yang dikeluarkan oleh  provider resmi ini mempunyai kelebihan bisa di-isi dengan kartu apa saja (unlock), dan tentunya bisa didaftarkan untuk berlangganan BIS ataupun BES guna menikmati layanan Blackberry. Tetapi biasanya (dari kasus yang terjadi) Anda hanya bisa menikmati layanan Blackberry-ria dalam kurun waktu 3-4 bulan, yang kemudian dengan tiba-tiba (sekonyong-konyong) “GPRS”/”EDGE” akan berubah menjadi “gprs”/”edge” yang artinya Anda telah keluar dari layanan Blackberry. Hal ini dikarenakan kombinasi PIN dan Imei dari Handheld yang Anda gunakan tidak terdaftar resmi dari pihak RIM yang mengeluarkan handheld Blackberry dan dilakukan blokir terhadap handheld yang Anda gunakan.

Umumnya handheld yang sudah dilakukan unlock ini dijual dengan istilah Refurbish atau Rekondisi atau (apalah…..) yang jelas lebih murah dan mudah didapatkan.

Tentunya akan muncul pertanyaan “Bagaimana cara orang melakukan unlock dan merubah PIN serta Imei yang terdapat pada handheld Blackberry?”, SANGAT MUDAH!! lho….kok??!! (bukan sok pintar).

Orang bisa melakukan proses unlocking dan bahkan mengganti PIN serta Imei (kloning) yang terdapat dalam handheld Blackberry dengan menggunakan software untuk unlock (MFI Multiloader), kemudian software untuk mengganti PIN dan Imei (Radio Lab Tool) serta untuk mengkloning PIN dan Imei (PIN & Imei Generator).

Trus bagaiman prosesnya?

Tidak begitu sulit untuk orang yang sudah terbiasa melakukan service handphone terutama yang berkenaan masalah software. Cukup instal software yang diperlukan kemudian jalankan, ikuti petunjuk, tunggu proses berlangsung……..mmoooooolllaaaaaaaa……Blackberry yang ter-lock oleh operator tertentu sekarang bisa Anda isi dengan kartu dari operator lain. Atau Blackberry yang tadinya ter-suspend sudah bisa Anda daftarkan lagi untuk menikmati layanan BIS dengan PIN dan Imei “Baru”. Bagaimana…..tertarik? Hmmmm……. :D

Sedikit akan saya beri langkah-langkah untuk unlock Blackberry;

  1. Download File Software yang diperlukan
  2. Install masing-masing software tersebut ke komputer Anda
  3. setelah semua ter-install, buka MFI Multi Loader
  4. Sambungkan handheld Blackberry yang mau di-unlock dengan menggunakan kabel USB
  5. Tunggu sampai MFI Multi Loader mendeteksi handheld tersebut
  6. Proses akan berjalan sampai selesai dengan tanda keluar tulisan PASS pada MFI Multi Loader
  7. Pada layar handheld blackberry akan muncul angka “1” dan lampu indikator akan berkedip dengan warna hijau
  8. Cabut baterai Blackberry dan pasang kembali
  9. Tunggu sampai proses loading selesai dan Blackberry akan dalam kondisi  “Call Mode”
  10. Tekan tombol “S T A R T” pada handheld Blackberry yang akan muncul tulisan “No application Linked”
  11. Selamat……..Blackberry Anda sudah ter-unlock
  12. Lakukan inject OS Blackberry Anda dan lanjutkan dengan proses ganti PIN dan Imei (PIN lama Handheld Blackberry yang sudah dilakukan unlock biasanya otomatis ter-suspend) dengan menggunakan software Radio Lab Tool

Jika Anda berani bereksperimen dengan Handheld yang Anda punya (bagi yang memegang Handheld Blackberry Suspend) silahkan Anda download File-nya dan unlock Blackberry Anda sendiri, jika tidak mau resiko silahkan Anda cari Jasa Unlock Blackberry yang cukup banyak dengan harga berkisar 100 ribu rupiah sampai dengan 400 ribu rupiah.

Dari informasi yang telah saya bagi ini,semua akan kembali kepada Anda apakah akan membeli handheld Blackberry secara resmi melalui operator ataukah Anda akan membeli handheld Blackberry yang sudah di-unlock tentunya dengan resiko akan terkena suspend di belakang hari. Untuk itu ada baiknya juga Anda baca artikel mengenai Tips dan Trik Memilih dan Membeli Blackberry.

Komentar
  1. biat mengatakan:

    bb ku gak bisa ikut layanan bis nih …. kyak nya tersuspend deh …. T_T…
    tolongin donk …. lebih jelas lagi software apa aja yg aku butuhin … (link nya kalo ada ….)
    trus langkah2 nya apa aja …. mulai awal sampai akhirnya BIS bs dinikmatin …..
    type BB 8320 curve ,…. Plis help ….. oya kalau bs minta YM nya donk …

    • ndodtz mengatakan:

      maaf mas biat beli BBnya dr mana? banyak bgt untuk tipe 8320 yg terkena suspend :D
      kalo mau tetep ngotot pake layanan BIS bs ikuti langkah2 di atas
      tapi kebanyakan tetep akan tersuspend lagi mas,
      antara 3-4 bln atau lebih tergantung saat pihak RIM melakukan “bersih-bersih”
      atau msh bs ber-internet ria dengan seting tertentu yg memungkinkan untuk terkoneksi dg internet
      misal pake opera mini, YM bs pake palringo atau nimbuzz, dll
      silahkan dipilih yg mana
      YM udah saya add :-)

  2. fadli mengatakan:

    gan boleh minta YM nya ga? BB saya sepertinya ter suspend mohon bantuannya yah :'(
    ga ngerti nih caranyaaa..

    • ndodtz mengatakan:

      kalo suspend keknya susah gan :D
      tp bs juga coba dengan generate imei, tp dg software yg terbaru
      krn software yg terakhir sudah ga bs mengubah gprs menjadi GPRS lagi
      YM saya on trus kok gan

      • zainal mengatakan:

        gan,mnt tlg ni bb ku 8320 kdg2 GSM bsr tp selang bbrp detik berubah kcl kr2 knp? apa ke suspend soalnya sjk bl blm pernh saya gunakan pas wkt kt cb dftr bis pin dan imei tdk trdftr,mhn bantuanya cr lht suspend g nya. tlg mnt YM gan trimksh.

  3. aL LoetPhie mengatakan:

    gan, aQw punya BB 9550 storm2, Verico,. ga bisa d’unlock,, ga tau kenapa,, apa sich suspend ituw,,.??? truzt software’nya apa aja,,??? handheld ituw apa’an lagy,,.??? tolong d’balaz,,

    • ndodtz mengatakan:

      handheld bisa diartikan mobile device :D artinya silahkan gunakan gugel translate :D
      suspend berarti Blackberry tidak bisa terkoneksi dengan server RIM yang artinya tidak bisa digunakan untuk berinternet ria, ber BBM ria tp msh bisa untuk sms dan telpon

  4. nad mengatakan:

    mas minta YM nya donk. kayaknya Blackberry tuh kok ribet puoll yahh.. pake acara suspend sespend segala. ni YM ku : nadia_flare.
    hiks BB ku kena juga kayak e….

  5. zainal mengatakan:

    gan,mnt tlg ni bb ku 8320 kdg2 GSM bsr tp selang bbrp detik berubah kcl kr2 knp? apa ke suspend soalnya sjk bl blm pernh saya gunakan pas wkt kt cb dftr bis pin dan imei tdk trdftr,mhn bantuanya cr lht suspend g nya apa itu kelemahan dr bb 8320. tlg mnt YM gan trimksh.

  6. zainal mengatakan:

    gan,mnt tlg ni bb ku 8320 kdg2 GSM bsr tp selang bbrp detik berubah kcl kr2 knp? apa ke suspend soalnya sjk bl blm pernh saya gunakan pas wkt kt cb dftr bis pin dan imei tdk trdftr,mhn bantuanya cr lht suspend g nya apa itu kelemahan dr bb 8320. tlg mnt YM gan dan bls di email trimksh.

  7. mamat6 mengatakan:

    gan, ane punya BB Storm 9530 locked by Verizon. kalo saya tidak unlock, fitur2 apa saja yang tidak bisa saya gunakan?

  8. bagus mengatakan:

    nice info gan , bukannya mau menyangkal tapi ini pengalaman pribadi ane pake bb, history bb yang ane pake : curve 8320 , huron 8830 , pearl 8220 , bold 9000 , tour 9630 , bold 9700 , curve 8520 ( mulai tahun 2003 – sekarang )
    dari semau bb yg ane pernah pake cuman bold 9000 yang garansi resmi ( bless ) dan curve 8520 garansi tel****el tapi udah unlock , lainnya bm , bahkan curve 8320 ane full refurbish ( pin kepala 3 ) , mungkin nasib saya yg baik atau sesuatu hal yang lain , ane gak pernah kena suspend , dan terus terang blum pernah ketemu bb suspend, bahkan ane pernah berfikir bahwa suspend itu HOAX atau bahkan saya berfikir itu cuman akal2an RIM buat mencari alibi karena mungkin dr sekian hh yg mreka produksi ada kesalahan sehingga tdk bisa terhubung dengan server RIM ( suspend ) tapi itu cuman pikiran cetek ane aja lho. di sekitar saya pun banyak beredar bb refurbish dan bm , tapi aman2 aja tuh aka lancar jaya. SO… semuanya kembali ke kita aja mau pilih yang mana , semakin lama pakai bb dan semakin sering berganti type nanti akan ngerasain sendiri kok apa itu bb dan faktor x operator, maaf terlalu panjang lebar , terima kasih , keep posting ya gan :-) sangat membantu sekali kok

  9. ndodtz mengatakan:

    Berarti mas Bagus cukup beruntung, dr pengalaman juga saya pernah pakai 8320 dengan PIN kepala 2 pun terkena suspen. Rupanya ada yg mengkloning PIN BB yg saya pakai, taunya ketika saya coba add PIN BB tersebut yg muncul PP seorang cewek,,,,hehehe…gimana tuh….

  10. bagus mengatakan:

    nah soal kloning pin ini yang saya ndak nemu penjelasan masuk akalnya , maksud saya gini : kalau memang di kloning lalu agan ndodtz menyebutkan “…add PIN BB tersebut yg muncul pp cewek ” …. nah disini ane bingung , kalau emang di deteksi terkloning dalam artian di deteksi RIM , itu artinya kan dua dua nya HH itu dinyatakan suspend , tapi kenapa masih bisa di add , itu kan berarti HH tuh cewek yg notabene pin nya sama dg agan ndodtz yg tersuspend itu masih aktif BIS nya yg otomatis terhubung dg server RIM, dan berarti tidak suspend.
    terus lagi ane juga gak pernah temui 2 bb dengan pin atau imei sama , semua cerita “menakutkan” itu hanya ane tau di internet, sekali lagi ini semua cuma nalar cetek ane aja, ane masih keep searching soal kloning , suspend dan sebangsanya itu… masih belum puas dengan pernyataan kloning ( karena ndak pernah bisa bener2 di buktikan ), dan alasan suspend yang lain juga menurut ane gak pernah bener2 jelas alasannya. dan yg di rugikan selalu konsumen, itu yg justru menyeramkan. ok deh lanjut gan….. ane numpang belajar di blog nya agan ndodtz ya :-)

    • faiz mengatakan:

      kloning ada sy sdh membuktikan 2 bb dengan imei dan pin yg sama, sy membeli bb stroom2 ketika sy aktifkn gk bs setelah sy bw ke operator jelas keterangan sdh diaktifkan orang lain, dengan bb yg resmi, sy jg sdh menginvite melalui bb sy yang lain ke orang tersebut. dan benar memang ada kloning
      tips beli yg garansi asli jangan bajakan/bm
      info ;
      pin kepala 2 untuk bb gsm : 8520 9700 9800 keluarga curve onix bold javelin
      pin kepala 3 bb dual band gsm cdma : 9500 9530 9550 keluarga stroom 1,2
      pin kepala 6,7,8 untuk bb connect nokia android

  11. ndodtz mengatakan:

    Yah itu yang bikin saya bingung mas Bagus :)

    Berawal dari iseng coba add PIN BB yang suspend, ternyata ada di sana yang notabene teregister di RIM dengan PIN yang saya punya….

    Nyatanya BB saya suspend :(
    Atau mungkin ada system di server yang otomatis memblok jika ada registrasi dengan PIN yang sama……..itu yg dibenak saya, tapi cuman praduga dan mungkin akan tetap begitu, hehe….

    Saya juga masih belajar kok mas…dari pengalaman yang saya dapat, just keep share aja :)

  12. tiani mengatakan:

    mas, bb aku bb curve 9300. lemot abiss :(
    itu kenapa ya? aku coba restart, dicabut batrai nya berjam2 tetep lemot juga.
    loading nya itu lho, rasa pengen dibuang dah tu bb. bikin kesell aja :'(

    tiba slesai nge-broadcast langsung ada tampilan
    BB_app world_ 276_ not responding_process_is_terminated
    itu knpa ya? slama ni sih aku biarin gtu aja .
    blum pernah aku bawa ke service :D
    apa itu permasalahannya mas? bantu dooong :(

  13. merry mengatakan:

    mas!! saya punya bb 1 9530 bm dan c9000 kalaumo ganti pin bisa y?? dan sofware saya gunakan sofware apa??

  14. handi rif mengatakan:

    bang ane manu tanya nich kenapa bb tour 9630 ane batrenya boros banget apa yang salah apa mesti di upgrate osnya ato apanya???

    teus kadang” hpnya panas

  15. Dadang mengatakan:

    Klo boleh tahu bkin tulisan ini sumbernya drmna Gan ?????

  16. bagus julian mengatakan:

    mas ndodtz ane ada kasus nih, bold 9000 mungkin kesalahan dalam unlock dan rebranding tiap kali searching 3G lalu tiba tiba blank putih dengan keterangan ‘radio core cat failed’ lalu restart loading penuh , home screen , blank putih lagi…. begitu seterusnya. tapi kalau di set ke 2G saja , bold nya normal normal saja.
    mohon solusinya
    ( udah di rebranding ulang , udah di upgrade downgrade os, factory os… tetep sama )
    ke tukang service katanya dah di coba replace hardware modul 3G nya ( ane kurang paham yg ini ) tapi tetep ndak bisa.
    terima kasih sebelumnya

    • ndodtz mengatakan:

      Udah coba load ulang vsm nya? Mungkin ga sempurna pas load file vsmnya

      • bagus julian mengatakan:

        udah ane coba beberapa vsm mas, mulai dari at&t , vodafone , o2 , bahkan operator lokal , hasilnya masih sama juga.
        ane cek imei dan pin nya pakai radio lab tool juga gak berantakan ( beberapai kasus seperti bold ane ternyata imei nya berantakan , setelah di repair , masalah solved )
        ada solusi lain ?

  17. manogi mengatakan:

    mas say bb bold 9000 , terkena suspend juga . kalo pake cara yang diatas bisa gk mas . MOHON PENCERAHANNYA

  18. suwardi mengatakan:

    mas bb saya 8100 pin dan imei tembus numberingplans tapi kenapa ya setelah 2bln gak berlanganan bis bisa suspend atau huruf edge selalu kecil? mohon pencerahan

  19. Sony mengatakan:

    Knapa bb 9550,kok sering k x ngebling..

  20. enoki mengatakan:

    bro kok softwarenya ngga di share juga :) ? berminat nih.. thanks

  21. Januar Syad mengatakan:

    gan , gimana tips cara mengganti pin yg sudah di suspen . mohon informasi nya yg jelas gan . ane pengen belajar . thanks .

  22. qmunk mengatakan:

    kenapa mas setelah ganti vsm koq jadi gk ada sinyal ya,,mhon pencerahanya,,,maksih

  23. deny mengatakan:

    mas bro help..bs g aq ganti pin,imei bb onix2 dg curve 8520 peralatanx apa az,link downloadx serta detil prosesx maklum pemula,thx a lot,.mhn bantuanx

  24. deon sii gokilz mengatakan:

    coba gan masalah nya apa di [nama operator].blackberry.com caranya:
    create account lalu tulis pin dan imei kalian lalu nanti ada masalahya

    MAAF GAN BARU KELAS 6

  25. ujank mengatakan:

    mas bro 8320 ane pin/imei di sofwarenya ma di mesin tembus tapi kenapa kok pas udah di reg BISnya g gede tulisan gprsnya,,, ane pindah ke bb temen manyus bisa BBmnya…
    ape kena unlock ape dah ke suspend mas bro
    mohon pencerahannya

  26. acoungz mengatakan:

    mas saya punya masalah nih…8100 suspend nah udah saya ganti pin..
    stelah beres tulisanny berhasil EDGE besar..namun ttep bbm g bisa…
    mohon pencerahanny…

  27. iroel jogja mengatakan:

    gan bb 8320ku suspend, berapa biaya buat injek pin, lewat remote soale aku di jogja,,tulung ymku di add ya gan,.. nuwun=> Iroelefendi@yahoo.com

  28. Majajin mengatakan:

    Ijin Repost gan :)

  29. Rasyid mengatakan:

    mas aku udah coba langkah2 unlock tapi mentok di “no Application linked (factory OS)” saya mau coba instal OS baru, udah 2x gak mau juga!!! gmana yah mas caranya n makasih atas solusinya…….

  30. romi mengatakan:

    mas broo….ane punya bb 8800 <cartunya ke detek tapi kena apa kok sinyalx sos malah gak ada jaringan,,,sebelumya dah aku os

  31. abe mengatakan:

    bb 8220 gimana suspend.,.. ada penjelasan buat micro usb gak mash..

  32. gan, ane jg mau tanya ni.. kmaren kan beli 8330 bm inject an, ko ga bisa dipakai ya..?
    apa perlu return atau ganti baru yang garansi resmi aja… thanks :-)

  33. koclok mengatakan:

    lam kenal bro Ndodtz……..gw coba2 experimen pake bb 8120,gw sekarang udah pada posisi call mode.waktu sy ketik S T A R T ko ga ada reaksi apa2 ya,gw load os tetep ga bisa selalu putus conection.mohon infonya ya.trims

  34. koclok mengatakan:

    bro ndodtz lm knl,gue coba utak atik bb 8120 sekarang gw di posisi call mode gw udah ketik S T A R T,tapi tetep ga bisa keluar klu sy load os selalu putus ditengah.kenapa ya.trims sebelumnya

  35. sano mengatakan:

    mas saya mau tanya,cara isiin pin dan imei lwt radiotool nya caranya gmn??,bs ga kalo q pny bb 8320 matot pin dan imei nya q kloning ke bb yang lg q cb unlock (8320 pny mbakqu)

  36. gegey mengatakan:

    om minta link buat download aplikasinya doong, soalnya udah saya searching ga ada terus.. BB saya kena juga :(

  37. wahdi mengatakan:

    Mau nanya nech om knpa BB 9300 saya ga bisa buka facebook and app world nya, tpe klau browser nya lancar aja, Trus dri tmpilan gprs edge 3d, kecil,,, tpi yg saya bingung ketika yg timbol GSM besar!!!
    Tolng penjalasanx ya om!!!!!!

  38. onko mengatakan:

    mas kalo bb 9530 kepala 3 suspend bisa dibenerin gak?
    ane gak tau apa2

  39. denz mengatakan:

    Masbro, kalo bb suspend di upgrade bisa kembali normal ga sih ?

  40. denz mengatakan:

    Masbro, kalo bb suspend di upgrade OS bisa kembali normal ga sih ?

  41. jaka mengatakan:

    Mas ndodtz., ane punya bb curve 8320 ane dapet dari sodara ane., pas ane liat si pin nya kepala tiga nah ane pusing tuhh ., terus pas ane coba berlangganan bis tetep tulisan edge/gprs tetep kecil, tapi klo ane buka di hp temen tulisan edge/gprs jadi EDGE/GPRS
    Apa kemungkinan kena susped atau emang pin nya bukan bawaan , soal nya ane liat stiker yang di dalem hape nya ntuh sama dengan yang tercantu pada hp itu sendiri

    Maaf panjang lebar
    Mohon pencerahan nya mas.,

  42. classic mengatakan:

    slam kenal mas

    Saya mau nanya…
    Saya punya BB STORM 9530…
    saya uda coba aktifkan Paket BB nya tapi tulisan edge nya tetap kecil….
    saya uda cek PIN dan IMEI nya tidak ada masalah…

    trus saya uda coba bawa ke center Provider yang saya pakai…
    mereka bilang PROVIDER sebelumnya yang dipakai untuk layanan BB saya melakukan LOCK truz mereka bilang itu harus di UNLOCK oleh PROVIDER yang sebelumnya…
    smntra saya tidak tau PROVIDER apa yang digunakan untuk layanan BB saya ini sebelumnya krna saya beli dari teman mas….

    yang saya mau tanya…
    Solusi untuk permasalahan seperti itu gmn mas?

    • ndodtz mengatakan:

      salam kenal juga…
      bisa tanya ke temannya, dulu pake provider apa
      kalo biasanya sih yang cukup merepotkan kalo habis diinject e*ia….
      harus minta lepas pin ke gerai dulu, kalo pake GSM nya kayaknya sekarang ga perlu lagi kick PIN

  43. unlock mengatakan:

    I’ve been surfing online greater than 3 hours lately, but I never found any interesting article like yours. It is lovely price enough for me. In my view, if all webmasters and bloggers made just right content as you did, the net can be a lot more useful than ever before.

  44. TwoCurious mengatakan:

    wah… hebat agan ndodtz.. aktif sekali.. terima kasih buat selama ini gan.. yang udah kasih info ke kita kita yang awam… TOP dah… ane juga dapat blog ente karena nyari nyari cara buat unlock bb cewek ane yang bm yang pasti nya kena suspend kepala 3 pin nye.

    yang mau ane tanya sih.. kalo misalnya ntuh bb sinyalnya kecil aje gak perlu di unlock lagi kan gan.? langsung ke tahap inject pin sama imei lagi ?

    • ndodtz mengatakan:

      biasanya sih begitu :D
      belum hebat ah, biasa aja…. masih belajar juga
      masih banyak kok yang lebih hebat dari saia :)

      cuma sekarang pin generator udah ga tembus lagi, belum ada generator pin yang bisa tembus
      tapi kalo mau nyari ilmu generatornya mungkin bisa, mungkin loh….. :)

      selamat bereksperimen :)

  45. adi mengatakan:

    Lok dh da tulisan exeeded gmn gan di status teleponya? Bb 8320

  46. Kenji Yogosima mengatakan:

    kk,,,q da masalah ni
    Kode MEP2 q uda habis…?!?!
    kan seharusnya bisa 10x percobaan
    huhu….
    muhun bantuannya

    • ndodtz mengatakan:

      Ya berarti harus unlock pake dongle, udah hardlock itu…. Setau saya yang ada di brazil sama india, coba deh tanya mbah gugel
      Saya jg punya satu javelin at&t jadi ipod :D

  47. niyah mengatakan:

    kk tlong dbntu dong.. solusix ap? mw ubah bb cdma inject ke yg non inject alias yg pake krtu. biar lbh mudah dgnti k’gsm. mksi sblmx.

    • ndodtz mengatakan:

      Bebenya apa? Yg GSM-CDMA apa CDMA aja? Kl GSM-CDMA ya tinggal ubah networknya ke GSM, slot kartu yg ada itu utk GSM, CDMAnya inject, biasanya begitu……

  48. Reza mengatakan:

    Gan bbq kena suspend g bsa bbm n fsilitas hlang semua.
    Gmana caranya.bb bm ne.

  49. ahuat mengatakan:

    kalo os 6 emang bisa bos

  50. Liend mengatakan:

    gan.. bb aku monza.. gak bisa add pin bb orang dan orang add saya. apa itu suspend gan??? dan gimana caranya buat bb saya normal iya gan ?? kalau jaringan 3G symbol bb ada. bisa tlpn, sms dan internet. karna masih ada paket bb. tapi gak isa add bb orang dan bbm.. gimana gan ???

  51. artha mengatakan:

    gan mau tanya emang ganti pin itu bisa ya , habis beli b yg gak tau asal usul nya ini , ya takut aja :P

  52. Tadoy mengatakan:

    salam kenal gan…
    ane mau tanya nich gan, ane punya bb curve 8530 cdma smart udah ane pakai setahun lebih trus kenapa sekarang ane ga bisa bbman, sedangkan udah ane paket sosialita 1 bln???ane udah tlp ke cs smart katanya coba register ulang HRT nya tp ga ada reaksi cuma no service aja gan, trus ane coba lg diagnostic test yg keluar tulisan abort…apa ni termasuk suspend gan…???

    mohon pencerahannya gan..

  53. eko mengatakan:

    sangat informatif brooo
    salam dari lapak http://tkseraya.blogspot.com

  54. masud ezry mengatakan:

    bang ndodtz; ane punya bb pearl 8120 beli second dr temen dia bawa dr austarali.. pas ane coba ternyata jaringan SOS pas ane check di (mobile network option) data service operator nya mucul (XL), tp kl liat di tampilan menu depan ada tulisan inavalid sim card.. mohon pencerahan nya iya bang, thanks

    • ndodtz mengatakan:

      Perlu diunlock dulu itu oms, krn gsm ya pake kode ajah, gampang, coba cek MEP nya

      • masud ezry mengatakan:

        Oke bang Ndodtz, tapi mohon maaf cara unlock nya gimana dan untuk check MEP dan langkah” dr awal seperti bang? Dan apakah unlock tsb kena biaya bang?
        Kami butuh bantuan nya bang Ndodtz atas mslh yang kami alami.. thanks

      • ndodtz mengatakan:

        Coba cek option – adv option – simcard trus ketik “mepd” lalu akan muncul “network active atau disabled” Kalau hasil cek active = locked, Sedangkan disabled = unlocked.

        Kemudian cek di option – adv option – simcard ketik mep alt 2 atau mepp alt 2 lalu akan muncul “enter mep code” berapa left…
        Kalau hasil cek = 0 ini berarti blackberry hardlock tidak bisa diunlock. Jika muncul 10 atau kurang berarti masih bisa diunlock….

        Kode mep nya…. Sepertinya ada softwarenya, tp sekarang banyak kok yang jual jasa unlock murah2… Gugling ajah :D

  55. masud ezry mengatakan:

    Bang Ndodtz, kami ucapkan terima kasih atas keikhlasannya memberikan info yg kami butuhkan..
    kami udah lakukan seperti yg Bang Ndodtz infokan..
    lalu muncul di layar sbb:

    sim disabled
    network active
    network subset disabled
    service provider disabled
    corporate disabled

    Dan kami lakukan step berikutnya untuk tekan MEP ALT2 setelah itu muncul:
    enter network MEP code (10 left) __________

    nah untuk selanjutnya, langkah apa yg bisa kami lakukan untuk bisa mendapatkan code MEP nya?
    dan apakah setelah memasukkan code MEP nya sinyal yg sebelumnya SOS akan menjadi normal dan bisa digunakan dgn normal pula?
    Mohon maaf atas pertanyaan yg begitu panjang, thank so much ban NDODTZ

    • ndodtz mengatakan:

      Ya mas, kalo kode udah dimasukkan akan ter unlock sim nya, sehingga bisa menangkap signal yang ada di Indonesia Raya dan bisa dipakai kartu apa aja….kodenya beli aja, banyak yang jual kok dan gak mahal

      Indahnya berbagi :)

      • masud ezry mengatakan:

        Oke ban, tapi mohon maaf apa Bang Ndodtz bisa bantu kami untuk dapatkan codenya?
        Dan brp biayanya kl boleh tau?
        Kl ada pin BlackBerry boleh diinbox ke kami iya bang (masud_ezry@yahoo.co.id)
        Makasi bang atas semuanya

      • ndodtz mengatakan:

        Waduh dah lama ga maenan bebe saia mas, ada juga pin di os laen :D

        760A3EE1 monggo kl mau di add, tp saia udah ga apdet software generate mep terbaru, coba cari di forum, ga nyampe 100rb kok….

  56. imam mengatakan:

    Gan ane baru dikasih bb ama temen (dari australia) bb secon Torch 9800, tapi pas ane masukin sim cardnya ada tulisan “invalid sim card”. dan minta masukin no MEP nya, ane udah cari pake software bb information dan dapet no MEP, dan sudah ane coba ketik di HP namun tetep ga bisa juga ya, kaya salah nomor.., mohon infonya gan.,.tq banget sebelumnnya.

    • ndodtz mengatakan:

      Mending cari ke forum2 luar, biasanya ada yg kasih kode MEP free, kl mau cepet ya beli aja, banyak kok yg jual jasa unlock code MEP, gak mahal juga
      Kalo generate MEP softwarenya udah ga pernah apdet saya :D

  57. Masud ezry mengatakan:

    @imam: boleh kami di email untuk no imei lengkap dan PRD nya (PRD bisa dilihat di sticker imei, posisi tulisan di paling atas, sticker imei ini nempel pd mesin bb nya dan akan keliatan pas buka batteray)
    Email kami: masud_ezry@yahoo.co.id
    Pin bb: 2AFECC3A
    Thanks buat bang Ndodtz

  58. prana jaya mengatakan:

    maaf numpang ni…aku mau nanya untuk bb 9300 bisa nda pin bb nya di kloning soalnya aku punya bb 9300 yg kena suspend

  59. Elok mengatakan:

    Gan…saya minta tolong, BB 9550 saya kenapa tidak bisa untuk kartu 3 (paket 6 bln) sedangkan xl (yg sy pergunakan sebelumnya) bisa, begitupun telkomsel dan indosat bisa (sudah sy coba)…kartu 3 saya juga tidak ada masalah pada BB 9300 yg sy miliki serta sy coba pada device lain tidak ada masalah
    Jd intinya BB 9550 saya. Dapat menerima kartu paket BB lain selain kartu 3, mohon penjelasannya
    Dan kalau mau unlock tolong saya dibantu untuk software apa saja yg di butuhkan untuk didownload serta lankah2nya
    Terimakasih

  60. help! :D mengatakan:

    gan kayak mana hp saya bb 9860 kartu yang sering saya pake itu simpati trs saya ganti kartunya gak bisa gan, gak ada sinyal, sos terus kyk mna gan cara nya -_-

  61. yuli setiawan mengatakan:

    Gan bb ane appolo , gak bisa buat bbm’an , katanya sih diblokir . Truus itu pake radio tool diganti apa pin gan ? Mohon pencerahanya :)

    • ndodtz mengatakan:

      Ya mas, radiolabstool buat ganti pin bisa cuma masalahnya software buat generate pin udah ga update sepertinya

      • yuli setiawan mengatakan:

        Kalo pinya gak dganti bisa gak mas ?

      • ndodtz mengatakan:

        Ndak bisa mas, udah dicoba pake kartu lain yg udah langganan? Atau coba pin di add pake bb lain

      • yuli setiawan mengatakan:

        Cara itu kalo pake jaringan Gsm bisa gak gan ?
        Anehnya gan , pinya yg di blokir itu di invit gak ada yang accept . Entah diblokir karena apa Ҩªќ tau gan , intinya ga bisa buat bbm sama blackberry word .
        Kalo di flash ulang , vendornya dihapus trus download vendor baru masih bisa spertti semula Ҩªќ gan ? Saya beli bebe nya bekas gan . Dari tangan pertama katanya normal .

      • ndodtz mengatakan:

        Berarti yg ga nyambung di cdma nya yah, pake esiem apa temen yg pintar? Soalnya kl esiem misal ganti nomor hrs cabut ke gerainya dl br bisa dipake nomer lain

  62. yuli setiawan mengatakan:

    Kalau diflas kembali, trus vendornya diapus , download vendor lg . Bisa kembali sprti semula Ҩªќ gan ?

  63. Elok mengatakan:

    Gan, BB saya 9550 vendor UNEFON,hanya bisa pake xl, telkomsel dan indosat itu yg sdh saya coba tapi ga bisa pake kartu 3 padahal paket dan BIS bisa pada BB lain, >>tolong bantuannya gan…..trims

    • ndodtz mengatakan:

      Coba copy servicebook dr bb laen yg pake kartu 3 trus inject ke 9550nya, kadang bisa dg cara itu

      • Elok mengatakan:

        sorry gan, saya gaptek masalah BB , cara ngopy/injectnya gimana ya…..saya ada BB lain 9300 dan kartu 3 saya bisa aktiv di BB tersebut…..thx

      • ndodtz mengatakan:

        Pake Desktop Manager, colokin bb yg udah ada service book tri, bekap service booknya aja setelah itu colokin bb yg mau diinject, restore bekapan service book tadi

      • Umi Darmastuti mengatakan:

        Ok…thx a lot gan, saya coba dulu,,

      • Elok mengatakan:

        gan, sudah saya coba dan berhasil untuk mengcopy service book, tp tetap ga bisa aktif BISnya & list HRT jg ga keluar……..saya sdh coba menghub operator 3 jg tidak bisa, katanya kartu 3 terdaftar pada BB 9300 saya dan BB 9550 masih terdftr dengan provdr XL padahal saya sdh minta release pin pd BB 9550 dgn provdr XLnya bahkan sampai ke gerai XLnya langsung dan memang sdh g terdftr & paketnya pun sdh tdk aktif…….itu kendalanya sebenarnya dimana y gan, mohon penjelasannya & solusinya……thx

  64. Erik mengatakan:

    Bang ndodtz saya punya msalah dngan HP BB STROM 9530.. HP saya cmn bisa SMSan sama telepon saja.
    Trz di atas layarnya ada bacaan DI PERLUKAN AKTIVASI.
    Bagaimana cara benerinnya bang..
    Mohon pertolongannya. ?

    Invite YM saya ya bang

  65. Erik mengatakan:

    Bang ndodtz saya punya msalah dngan HP BB STROM 9530.. HP saya cmn bisa SMSan sama telepon saja.
    Trz di atas layarnya ada bacaan DI PERLUKAN AKTIVASI.
    Bagaimana cara benerinnya bang..
    Mohon pertolongannya. ?

    Invite YM saya ya bang.
    Makasih

  66. Erik mengatakan:

    JLcmber itu apaan bang ?

    • ndodtz mengatakan:

      Salah satu dr sekian software utk memflash blackberry

      Atau coba dg cara ini :

      – Pada posisi homescreen, tekan tombol Dial
      – Trus tekan ##000000 lalu dial
      – Nanti akan masuk ke sebuah menu, angka pada tulisan
      “Mobile Directory Number” dirubah dg no telpon mas erik
      misalkan :0888123xxxx
      – Abis itu tekan menu trus save, biasanya BBnya akan restart

      Kalo udah nyala coba liat msh ada tulisan itu nggak

  67. Erik mengatakan:

    Bang kouk invalid pasword terus ?

    Ouh iya bang tutorial y bang ndodtz kasih buat unlock BB itu bener” sukses gak bang ?

    • ndodtz mengatakan:

      Berarti belum diunlock itu cdmanya mas, kl mau singkat cari loader buat bb tipe py mas erik, lsg klik aja kok, ntar kl udah no app linked rubah sec code pake unicdma jadi 000000 trus software ulang

  68. Erik mengatakan:

    loader itu aplikasi aph pengaturan di BB nya bang.
    Maap y bnyak tanya soal.a baru megang BB gx ngerti tea…

  69. Erik mengatakan:

    Ouh iya makasih bang..
    Tpi klau ke counter bsa gx d unlock bang ?
    And itu tutorial cara unlock yg pnya bang ndodtz itu bisa ? Yg pke 3 aplikasi

  70. Erik mengatakan:

    Bingung dah bang… Klau di benerin ke counter kira” brapa ya ? :(
    Asli mna bang ..
    Karawang bukan
    Heheh ngarep

  71. As.nauli mengatakan:

    Mas sya mau tanya ni, sy pke hp blackberry storm 2 verizon,sya udah nyoba test diagnotic berulang kali tp selalu gk selesai,atau gk teregister ,itu gmana ya mas? Masalahnya pa ya mas ? Terus sya pengen nanya kalo os di upgrade itu berpengaruh gk ke hpnya atau kena suspend gt,maklum sya gk paham soalnya, Mhon pencerahannya mas,

  72. Erik mengatakan:

    Bang ndodtz saya mw nnya.
    Kan bang ndodtz prnah nyaranin download loader buat BB tipe saya y..
    Itu cmn down loader aja truz instal di laptop gto aja
    Cuman loader aja bukan bang

  73. Erik mengatakan:

    Tpi bang d laptop saya ada aplikasi sofware BB dekstop klau d colokin bb msuk ke situ. Bkal ngaruh gx

  74. Erik mengatakan:

    Bang kouk tampilan nama” perangkat sih gx ad yang di saranin bang ndodtz

  75. Erik mengatakan:

    tdi kan saya download y aplikasi loader buat BB saya.
    Trz itu di instal di laptop jngan bang..? :(

    Tdi saya cba udh download lngsung d buka aplikasi.a di laptop .kn lngsung ad d dekstop tah ma saya teh di buka bang . Next next.n yg tmpil semua mlah tentang aplikasi” gto.. Mlah gx ad bacaan no app linked yg d saranin ma bang ndodtz
    Aph ad yg slah

  76. Erik mengatakan:

    Caranya bang ?

  77. Erik mengatakan:

    saya sudah coba cmn d colokin aj BB.a pke kabel data tpi gx proses bang.
    Itukan saya download mbah google kan udh slesai download.a trz cmn d diemin gx di buka loader.a

  78. nino mengatakan:

    bang saya puny bb style 9670 cmn kg bsa d gunain nih
    pke spc 000000 tp ttp kg bsa
    awal y tek buk pke 000000 emng kluar angka” y tp kg kpikir klo itu yg d butuhin tp pas ke 2x y kg bsa lg bang

    gmn bang mohon saran nya

  79. teja mengatakan:

    Gan sya mau tanya bb ane 8320 brosing bisa fb bisa tpi untuk amplkasi yg laen gk bisa seperti wchat termasuk bbm ny jga gk bisa di pake anehhh bgtkan mohon bantua nya gan

  80. anita mengatakan:

    gan, bb saya jenisnya 8520, trus jaringan sos sudah semingguan ini. biasa nya saya cabut baterai sama sim card trus jaringan bakal baik lagi. tapi ini udah semingguan udah sos, sudah saya coba cara dengan tes diagnostik berkali kali tapi tetap aja gak bisa gan. mohon solusinya ya gan ..

  81. Prasetya mengatakan:

    sebenernya bisa ngga bb cdma di unlock ke gsm?

  82. dadan adrian mengatakan:

    bang bb style ane kalo d masukin batery kluar nya no aplikasi linked gimana solusi nya bang???

Tinggalkan Balasan

